Berbagai Gaya Pembuatan Keputusan Manajemen



 Ada berbagai  gaya pembuatan keputusan, tetapi berikut ini adalah gaya pengambilan keputusan yang paling umum, yaitu:
  1. Manager mengambil keputusan sendiri dengan menggunakan informasi yang tersedia pada waktu tertentu.
  2. Manager memperoleh informasi yang diperlukan dari para bawahan dan kemudian menentukan keputusan yang di pandang relevan/sesuai.
  3. Manager membicarakan permasalahan dengan para bawahan secara individual dan mendapatkan gagasan-gagasan dan saran-saran tanpa mengikut sertakan para bawahan sebagai suatu kelompok. Kemudian manajer membuat keputusan yang dapat atau tidak mencerminkan masukan-masukan atau perasaan para bawahan.
  4. Manager membicarakan situasi keputusan dengan para bawahan sebagai suatu kleompok dan mengumpulkan gagasan dan saran para bawahan tersebut dalam suatu konferensi atau pertemuan kelompok. Keputusan yang diambil dapat atau tidak menceminkan masukan intuisi dan aspirasi para bawahan.
  5. Manager membicarakan situasi keputusan dengan para bawahan sebagai suatu kelompok dan kelompok menyusun serta menilai alternatif. manager tidak bermaksud untuk mempengaruhi para bawahan dan berkeinginan untuk menerima implementasi serta merealisasi setiap keputusan hasil musyawarah bersama.

Posting Komentar

0 Komentar