Tidur Siang Biar Lebih Pintar

Hayooo siapa yang suka tidur siang?
Atau  malah tidak suka tidur siang???

Tidur beberapa menit sudah cukup sangat membantu kita agar dapat berfikir lebih fresh.
Penelitian baru yang dikutip dari kompas nih, selain dapat membuat kondisi fisik tubuh agar lebih fresh setelah setengah hari menjalankan rutinitas kerjaan, ternyata dengan tidur siang juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak dan konsentrasi lo!. Dari penelitian tersebut durasi tidur siang yang kurang dari 30 menit sudah cukup dapat membantu menyehatkan otak kita bahkan juga dapat menghindari stress jika dilakukan secara berkesinambungan dan teratur, yah memang direkomendasikan.
Dan sebagai informasi tambahan...jika manfaat tidur siang sangat bagus bagi kesehatan , maka sebaliknya jika dalam kondisi ngatuk tapi mata tetep dipaksakan melek (begadang), akan dapat menimbulkan efek negatif yaitu mengurangi kinerja otak kita ketika diajak berfikir.
Secara lebih exact-nya dari penelitian yang dipimpin oleh Matthew Walker di UC Berkely tersebut, jika sering melakukan kebiasaan begadang, menurut kalkulasi riset diperkirakan dapat mengurangi kemampuan otak untuk menerima informasi yang baru hingga mencapai 40%. Hal ini sesebabkan karena sewaktu otak kehilangan waktu yang seharusnya dipakai istirahat maka akan memicu penutupan bagian-bagian otak sendiri. Makanya jangan sering begadang ya kawan –kawan!!!:D
Penelitian itu memang sudah terbukti lohhh, karena banyak pemimpin-pemimpin dunia yang notabene terkenal dengan kepintarannya selalu berusaha untuk meluangkan waktunya untuk tidur siang. Seperti mantan perdana menteri Inggris Margaret Thacher yang memiliki kebiasaan tidur cukup 4 jam di malam hari dan selalu menyempatkan tidur siang beberapa menit. Mantan Presiden RI  Habibie juga memiliki kebiasaan tidur siang , hal yyang sama juga dilakuakan oleh Bill Clinton.

Nah, jadi saya sarankan pada kawan-kawan untuk menyempatkan tidur siang. Beberapa menit aja udah cukup kok!!!

Posting Komentar

0 Komentar