Otak Kanan dan Otak Kiri


Kita beranggapan bahwa otak kiri adalah otak yang bersifat logika, dan otak kanan berkaitan dengan kreativitas. Padahal hasil penelitian mengatakan pandangan ini salah. Otak kiri dapat menjadi otak kreatif . penyelesaian masalah dengan menggunakan pendekatan atau metode berurutan dan menggunakan otak kiri ternyata dapat memberikan solusi yang sama kreatif dengan otak kanan.
Pandangan terhadap musisi atau seniman dominan menggunakan otak kanan, ternyata juga salah.
Seniman atau pelukis dalam melakukan kegiatan melukis banyak melibatkan otak kiri mereka. Demikian juga musisi. Ahli musik bila mendengarkan musik , akan memproses musik dengan otak kiri. Hal yang paling utama mereka lakukan adalah menganalisis musik tersebut. Sedangkan kita jika mendengarkan musik akan langsung menggunakan otak kanan, yaitu menikmati musik yang didengarkan.
Menurut hasil penelitian , bila seseorang merasa tertekan atau mengalami stress , maka yang akan lebih aktif  adalah otak kanan. Sedangkan bila seseorang merasa gembira dan optimis akan masa depan , maka otak kiri yang akan lebih aktif.

Otak kanan:

Di identikkan tentang kreativitas persamaan khayalan, bentuk dan ruang , emosi dan warna, berfikir lateral, tidak setruktur dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang tidak terlalu mendetail.

Otak kiri:

Di identikkan dengan rapi, perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan, logika, tersetruktur, analitis, matematis, linier, dan tahap demi tahap.

Trik supaya otak kita bekerja dengan baik:

v  Tidur yang cukup
Ingat tidur yang cukup ya kawan-kawan!!!, karena kekurangan tidur dalam jangka waktu yang lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.
v  Menstimulasi pikiran
Berfikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menurunkan kemampuan kerja sel-sel syaraf otak.
v  Memakai masker polusi udara
Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia , menghirup udara yang berpolusi menurunkan nilai suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi atau daya kerja otak.

v  Sarapan pagi

Posting Komentar

0 Komentar